Jump to content
Sign in to follow this  
admin

Daud Yordan tentang Rangkaian Sparring dan Perubahan Gaya Tinjunya

Recommended Posts

b1de424d-06ab-4b18-a961-5c69e7a3e134_169

 

Kuta - Petinju Daud Yordan terus menggembleng diri di bawah arahan pelatihnya, Craig Christian. Persiapannya sebelum naik ring kini sudah tak kurang dari 60 persen.

 

Sudah hampir 2 bulan Daud menjalani pemusatan latihan di Harry's Gymnasium, Kuta, Bali.

 

Latihan dilakukan menjelang partai melawan petinju Argentina, Christian Rafael Coria, dalam perebutan sabuk juara kelas ringan internasional WBA di Montevideo, Uruguay, pada 4 Juni.

 

Dalam latihannya itu Daud terus ditempa fisik dan mentalnya. Salah satunya dengan menjalani rangkaian sparring.

 

"Malam ini adalah sparring terakhir saya bersama petinju Australia. Ini sudah masuk sparring ke-11 dari sejak tiga pekan lalu," kata Daud kepada detikSport, Senin (16/5/2016).

 

Daud mengatakan dirinya kini juga sudah mulai beradaptasi dengan teknik atau gaya baru dari pelatihnya, yaitu pukulan-pukulan jab (lurus). Ia merasa sudah ada perkembangan, kendatipun tak sempurna.

 

"Dilakukan. Cuma masih dalam tahap kadang-kadang ingat, kadang-kadang lupa. Ya, namanya petinju paling berapa persen sih bisa berubah dari apa yang diminta. Soalnya adaptasi untuk metode baru itu tidak mudah, terlebih bagi petinju yang sudah jadi. Maka itu, ini sebenarnya hanya melengkapi saja," ungkap Daud.

 

Tak hanya soal gaya baru, di atas ring Daud juga dituntut untuk tidak pasif. Ia harus lebih banyak memukul daripada dipukul lawan agar bisa konsisten di sepanjang ronde. Apalagi Coria yang jadi lawannya nanti merupakan petinju agresif, cerdas, dan sneaky. Maka Daud tentu harus bisa tampil lebih gesit dan agresif daripada lawannya.

 

"Masalah banyak pukulan sebenarnya itu relatif tergantung situasi. Cuma memang Craig maunya saya banyak memukul, lalu bergerak, tidak pasif seperti dulu supaya setiap ronde bisa konsisten," jelas Daud.

 

"Sekarang pastinya sudah mulai konsisten karena setiap sparring rondenya naik terus. Tentu Craig punya pertimbangan untuk itu. Mungkin kalau di-persentasekan, saya merasa berada di atas 60 persen.

 

"Ya, mudah-mudahan pada pertarungan sparring yang terakhir saya bisa tampil maksimal dan bisa konsisten melawan dua petinju (Australia), dan bisa fit serta menang di setiap ronde. Saya sudah siap. Mudah-mudahan nanti malam sesuai harapan," sebutnya.

 

Setelah menjalani sparring terakhirnya itu Daud rencananya akan bertolak ke Jakarta, Selasa (17/5) besok. forumbola

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

×